5 Ciri ban Mobil harus diganti


5 Ciri ban Mobil harus diganti

Ban menjadi komponen penting dalam setiap kendaraan, karena menyangkut keamanan dan juga kenyamanan. Maka itu, ban harus mendapatkan perhatian khusus dari si pemilik mobil agar tetap dalam kondisi maksimal.

Belakangan ramai soal ban mobil Nikita Mirzani yang sobek pada dinding bannya. Hingga kini belum diketahui pasti apa penyebabnya, namun ini ada beberapa ciri yang harus Anda tahu dan segera lakukan pergantian ban, seperti dikutip dari Suzuki Indonesia pada Senin 14 Desember 2020.

1. Ban Berumur Lebih dari 3 Tahun

Ban mobil bahan utamanya adalah bahan karet. Semakin lama, karet akan semakin berkurang tingkat elastisitasnya, sampai akhirnya menjadi getas karena sudah kehilangan kelenturan sama sekali. Usia yang ideal untuk ban adalah 3 tahun, jadi segeralah mengganti ban saat usia pakainya sudah lebih dari 3 tahun.

2. Jarak Tempuh Sudah 40.000 km

Meskipun belum sampai 3 tahun usia pakai, ban juga disarankan untuk diganti kalau jarak tempuhnya sudah mencapai 40 ribu kilometer. Walaupun kelenturan masih bagus, ban yang sudah menempuh jarak jauh akan mengalami keausan.

Untuk pemakaian normal, biasanya mobil menempuh sekitar 15 – 20 ribu km tiap tahun, dan 40 ribu km bisa tercapai dalam waktu kurang lebih 2-3 tahun.

3. Ketebalan Tapak Ban Sudah Mencapai Batas TWI

Tiap ban mobil akan diberi indikasi TWI (Tread Wear Indicator). TWI merupakan batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai, dan kalau kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, ban sudah harus segera diganti.

Ada 2 posisi indicator TWI pada ban, yaitu di bagian tepi ban dan satu lagi di tengah telapak ban mobil. Untuk di tepi akan tampak segitiga kecil di area bawah kembang ban, sedangkan yang di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tak sampai setinggi kembang ban.

4. Ban Gundul

Ban gundul walaupun hanya di tengah, sedangkan di bagian tepi kembangnya masih bagus, sebaiknya ban harus diganti. Tidak perlu menunggu bagian lain ban gundul baru diganti karena bisa berisiko pada keselamatan Anda dalam berkendara.

5. Ada Benjolan

Benjolan pada ban adalah pertanda adanya anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ban yang putus. Kalau sudah terjadi benjolan, itu artinya ketahanan ban sudah tidak sama. Ban akan lebih mudah pecah karena ada beberapa bagian ban yang tidak lagi kuat menahan tekanan udara.

Mutiara Bisnis

Belumlah dikatakan sukses, bila kesuksesan itu hanya untuk dirinya sendiri, karena kesuksesan itu akan menimbulkan kesombongan bagi dirinya dan keirian orang lain. Kesuksesan yang hakiki ialah bila kita telah mampu menghasilkan orang-orang sukses dari ketulusan ikhtiar kita. Jika kita telah membuka kesempatan sukses orang lain, maka di situlah investasi kesuksesan kita di masa mendatang.

Adang Wijaya CEO Green Nitrogen

Kantor Pusat

PT Global Insight Utama

Mutiara Bekasi Center blok B09 No 11
Jl Ahmad Yani
Bekasi

Hotline:
0811-830-2125 (TELP/SMS/WA)

cs@green-nitrogen.com

Pegunjung

Pengunjung Hari Ini : 54
Pengunjung Hari Kemarin : 87
Total Pengunjung Website : 38137