Memilih ban motor yang tepat saat musim hujan


Memilih ban motor yang tepat saat musim hujan


Memilih ban motor yang tepat saat musim hujan


Pada musim hujan seperti sekarang ini, sobat semua harus berhati – hati dalam mengendarai kendaraan anda ya sobat, khususnya bagi anda yang membawa kendaraan roda dua seperti sepeda motor. Pasalnya pada saat musim hujan tiba, jalanan akan sangat licin, selain itu karena efek jalanan yang banjir akan mengakibatkan jalanan banyak yang rusak seperti bolong – bolong yang semua itu sangat berpengaruh pada kondisi fisik ban motor anda.


Selain itu kondisi ban motor anda akan berpengaruh terhadap performa motor anda, dan diatas semua itu akan berpengaruh terhadap keselamatan anda dan juga keselamatan orang lain yang kebetulan berada di dekat anda pada saat berada di jalan raya. Jaga dan utamakan selalu keselamatan anda ya sobat.


Selain ban pada motor anda yang harus dipersiapkan untuk menerjang hujan di jalanan, anda juga sebaiknya menyediakan pakaian anti hujan seperti jas hujan, sepatu karet yang tahan terhadap air, dan perlengkapan lainnya yan g dapat melindungi anda dari deras dan dinginnya air hujan yang akan mengguyur anda ketika berada di jalanan.Selain itu, anda harus tetap menjaga stamina anda ya sobat untuk menangkal radikal bebas dari air hujan yang akan membasahi tubuh anda nantinya. Baca juga mengenai 


 Ban Motor yang Cocok Untuk Musim Hujan


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hujan membuat jalanan menjadi basah dan licin. Hal ini sudah barang tentu dapat mempengaruhi keamanan anda saat berkendara. Berkendara di jalanan yang diakibatkan oleh hujan akan berpotensi membuat sepeda motor anda tergelincir yang nantinya dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.


Untuk menghindari kecelakaan slip akibat jalanan  yang basah licin hal yang perlu anda perhatikan adalah masalah penggunaan ban sepeda motor anda. Karena tidak semua jenis ban tahan atau tangguh untuk menghadapi atau melewati jalanan yang basah dan licin tersebut.


Sebaiknya anda menggunakan jenis ban yang berkualitas dengan grip yang mampu mencengkram dengan baik. Ban dengan kualitas yang baik, mampu melindungi anda saat berkendara terutama di track yang basah dan licin terutama di tikungan.


Dalam pembahasan kali ini, penulis sengaja membahas mengenai ban motor yang cocok pada musim hujan. Selain bisa menjadi referensi untuk anda, diharapkan tulisan ini juga bermanfaat bagi sobat semua yang memang gemar di dunia otomotif. Mari sobat kita simak ulasan di bawah ini dengan seksama..


Untuk menghindari kecelakaan yang diakibatkan oleh jalanan yang basah serta licin, ada beberapa tips yang sobat semua jadikan sebagi referensi. Referensi disini maksudnya adalah referensi jenis ban yang sebaiknya anda gunakan pada saat musim hujan. Diantaranya adalah :


1. Ban yang Memiliki Kompoun Lunak

Ban motor yang cocok untuk musim hujan yang pertama ialah yang memiliki kompoun lunak. Ban yang baik adalah ban yang memiliki daya cengkraman yang kuat terhadap semua jenis lintasan yang akan dilaluinya. Baik kondisi basah , licin , jalanan tikungan, jalanan rusak atau bolong – bolong dan lain sebagianya. Gunakanlah ban yang memiliki kompoun lunak, agar cengkramannya kuat terhadap semua jenis jalan.

.
Selain itu, ban dengan jenis kompoun lunak masih memiliki daya cengkram yang cukup kuat meski ukiran di permukaan ban telah habis atau gundul. Mintalah saran dari bengkel tertentu untuk mendapatkan jenis ban seperti ini ya sobat. mengenai kelebihan ban diisi nitrogen. Tentunya akan terasa lebih nyaman .

  -

- nyaman untuk dipakai (terasa enteng )

      - velg tidak cepet karat

      - performa ban makin kece tentunya


2. Ukiran di Telapak Ban



Ban motor yang cocok untuk musim hujan yang kedua ialah perhatikan ukiran di bagian telapak ban. Hal yang seharusnya diperhatikan oleh para pengguna motor adalah bukan hanya kondisi atau tingkat kedalaman ukiran di telapak ban motor saja sobat, tetapi juga tidak kalah penitng adalah pola ukiran. Terutama pada bagian pinggir permukaan atau telapak ban.

Sebaiknya pilihlah pola ban dengan ukiran searah. Karena ukiran yang searah pada ban berfungsi sebagai jalur sekaligus berfungsi untuk memacah genangan air sehingga bagian ban yang menonjol bisa bia mencengkaram permukaan jalanan yang licin.

3. Pastikan Ukurannya Sesuai Dengan Rekomendasi Pabrikan Motor



Ban motor yang cocok untuk musim hujan yang ketiga ialah sesuaikan ukuran bannya dengan yang ideal. Seperti yang kita ketahui bersama, pabrikan sepeda motor tentunya sudah secara matang – matang dan akurat ukuran komponen yang digunakan oleh motor yang diproduksinya, termasuk juga didalmnya ban moor tersebut.

Oleh karena itu gunakanlah ban sesuai dengan ukuran atau standar dari pabrik yang memprosuksi ban tersebut. Jangan asal mengganti jenis ban motor anda tanpa melihat terlebih dahulu stnadar penggunaanya ya sobat. Bacalah terlebh dahulu buku manual motor anda ketika anda bermasksud mengganti ban kendaraan anda.  .

4. Tekanan Angin Pada Ban Anda

Ban motor yang cocok untuk musim hujan yang terakhir ialah dengan memperhatikan tekanan angin. Selain ketiga hal diatas, hal yang tidak penitng yang harus anda perhatikan adalah tekanan angin pada ban motor anda. Periksalah apakah sudha sesuai dengan ukuran atau standar yang sudah ditentukan oleh pabrikan motor tersebut. Apabila terlalu banyak, maka tiitk tumpu pada ban terhadap lintasan yang dilaluinya hanya berada di telapak tengah – tengah ban motor anda.

  • Untuk ban yang baru dibeli, sebaiknya gunakan terlwbh dahulu dijalan yang kering dengan jarak beberapa kilometer agar silicon yang terdapat pada permukaan ban anda hilang. Karena bisanya ban yang baru dibeli permukaan ban tersebut dilapisi dengan silicon. Nah silicon ini akan melemahkan daya cenkraman ban motor anda pada saat anda melaui lintasan jalanan yang basah dan licin. Untuk itu sebaiknya dihilangkan terlebh dahulu lapisan siliconnya agar cengkraman ban adna dapat bekerja dengan sempurna ya sobat.
  • Jangan gunakan ban dengan tapak kecil.

Biasanya banyak dari pengguna motor yang menggunakan ban kecil dengan tujuan agar lebih irit dalam konsumsi bahan bakar. Hal ini sah – sah saja ya sobat anda lakukan. Tetapi pada saat musim hujan ada baiknya apabila anda menggunakan jenis ban dengan tapak yang besar.

Karena tapak ban yang lebar dianggap dapat memberatkan mesin, karena lebih banyak permukaan ban yang bergesekan dengan permukaan aspal. Dengan hal ini otomatis daya cengkram ban tersebut juga akan lebih kuat untuk menghadapi jalanan yang basah dan licin.

Oke sobat sampai disini dulu pembahasan kali ini mengenai ban motor yang cocok untuk musim hujan. Terima kasih bagi sobat semua yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan semoga bisa bertemu di artikel selanjutnya yang tentunya tidak kalah menarik dan tidak kalah penting. Sampai jumpa sobat, salam hangat dan salam otomotif.












Mutiara Bisnis

Belumlah dikatakan sukses, bila kesuksesan itu hanya untuk dirinya sendiri, karena kesuksesan itu akan menimbulkan kesombongan bagi dirinya dan keirian orang lain. Kesuksesan yang hakiki ialah bila kita telah mampu menghasilkan orang-orang sukses dari ketulusan ikhtiar kita. Jika kita telah membuka kesempatan sukses orang lain, maka di situlah investasi kesuksesan kita di masa mendatang.

Adang Wijaya CEO Green Nitrogen

Kantor Pusat

PT Global Insight Utama

Mutiara Bekasi Center blok C-17
Jl Ahmad Yani
Bekasi

Hotline:
0855-1801-777 (TELP/SMS)
0851-0079-2450 (WA ONLY)

cs@green-nitrogen.com

Pegunjung

Penunjung Hari Ini : 111
Pengunjung Hari Kemarin : 214
Total Pengunjung Website : 41905