Tips Cara Menghadapi Walk interview


Tips Cara Menghadapi Walk interview


Tips Cara Menghadapi Walk In Interview

Banyak yang menjadi pilihan perusahaan untuk merekrut karyawan baru. Ada yang langsung ataupun tidak langsung, ada yang secara serempak maupun perorangan. Semua tergantung dari kebijakan perusahaan. Tidak ada yang salah dengan sistem atau cara dari semua interview tersebut, masing – masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Namun yang harus Anda pikirkan adalah bagaimana cara agar lolos dalam interview tersebut.

Salah satu cara interview yang sering digunakan oleh perusahaan adalah walk in interview yang biasanya menjadi pilihan perusahaan yang akan merekrut karyawan baru secara massal. Tidak heran jika saat walk in interview berlangsung, selalu terjadi antrian massal para pencari kerja. Kondisi ini bisa menguras konsentrasi dan menambah rasa gugup para pencari kerja yang akan melakukan interview, terutama bagi para lulusan baru atau fresh graduate.

Walk in interview merupakan jenis wawancara yang biasanya dilakukan bila posisi yang ingin diisi dalam lowongan kerja yang dibutuhkan dan jumlah pelamarnya cukup besar. Proses wawancara atau perekrutan terkadang dilakukan saat ada bursa kerja / job fair. Pada dasarnya menjalani walk ini interview sama saja dengan wawancara biasa. Jadi Anda datang melamar, maka saat itu juga anda akan menjalani Tes Wawancara tanpa menunggu panggilan. Untuk itu anda harus siap secara maksimal karena Anda langsung berhadapan pewawancara saat melamar. Untuk Anda yang tidak ingin gagal saat walk in interview, berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan.

1.Persiapkan Diri Sesuai Lowongan Kerja yang Dibuka


Sebelum berangkat walk in interview pastikan Anda telah membaca iklan lowongan kerja dengan baik. Persiapkan diri sesuai dengan info lowongan kerja yang Anda dapatkan seperti kualifikasi yang diinginkan perusahaan, keahlian khusus dan yang lainnya. Bila perlu, Anda bisa melakukan penelitian yang cukup mengenai detail perusahaan.

2. Santai dan Tampil Prima



Selain berpenampilan rapi dan sesuai dengan posisi yang akan dilamar, Anda juga harus bersikap tenang. Ketenangan akan membantu Anda untuk lebih fokus saat dihujani pertanyaan oleh pewawancara. Ketika sudah berhadapan dengan pewawancara, tataplah lawan bicara dengan tatapan yang bersahabat dan seperti sudah lama kenal.

Jawab pertanyaan dengan singkat dan seefektif mungkin, kecuali jika memang pewawancara menghendaki jawaban panjang dari Anda.

3. Update CV dan Dokumen Lamaran Kerja Anda

Berpikirlah dengan cara pandang perusahaan, jangan sampai skill dan kompetensi yang Anda cantumkan di CV tidak relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Hal ini bisa menjadi pandangan negatif dari perusahaan karena Anda terkesan hanya memikirkan kebutuhan Anda sendiri, tetapi kurang dalam memperhatikan kebutuhan perusahaan.

Dokumen lamaran kerja jangan sampai lupa untuk dibawa saat akan menghadiri walk in interview, seperti CV lamaran kerja, Ijazah, sampai dengan sertifikat yang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Selain itu, Anda harus mengatur dokumen lamaran kerja dengan rapi agar saat diminta tidak menghabiskan banyak waktu.


4. Tepat Waktu


Disarankan untuk tepat waktu, kalau perlu Anda sudah tiba satu jam sebelum proses dimulai. Anda jadi punya kesempatan mempelajari suasana, menenangkan diri dan mempersiapkan segala sesuatunya. Datang lebih awal juga membuat Anda tidak perlu menunggu terlalu lama, mengingat pelamar yang datang ke walk in interview biasanya banyak.

5. Wajah Optimis


Tampilkan wajah penuh percaya diri, cerah ceria dan optimis. Jangan sekali pun menampakkan wajah kusam nan sendu di depan pewawancara. Karena tidak ada satu perusahaan pun yang mau mempekerjakan orang yang gampang putus asa. Tunjukkan keoptimisan Anda dengan menjabat tangan pewawancara secara mantap dan tatapan mata hangat.

6. Jujur dan Jaga Komitmen

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu pun dengan Anda. Oleh karena itu, Anda tidak akan dianggap salah jika menjawab ‘tidak tahu’ pada pertanyaan yang Anda tidak tahu jawabannya. Sebaliknya, pewawancara akan menghargai kejujuran Anda.

7. Jangan Arogan


Kadang pewawancara sering mengajukan pertanyaan-pertanyaan jebakan untuk menguji Anda sehingga Anda harus lebih hati-hati dengan jawaban yang Anda lontarkan. Hindari jawaban yang terkesan arogan, Anda harus pandai-pandai memilih jawaban meskipun hal itu adalah salah satu prestasi Anda yang sangat membanggakan.

8. Hindari Pandangan Negatif

Apabila Anda merasa kecewa dengan perusahaan tempat kerja Anda sebelumnya, jangan menjelek-jelekkannya di hadapan pewawancara. Hal ini akan memberikan kesan bahwa Anda adalah tipe orang yang kurang mempunyai integritas. Meskipun, hal yang Anda sampaikan kepada pewawancara adalah fakta, tapi lebih baik untuk menghindari hal tersebut dan mencoba berpikir lebih arif.








Mutiara Bisnis

Belumlah dikatakan sukses, bila kesuksesan itu hanya untuk dirinya sendiri, karena kesuksesan itu akan menimbulkan kesombongan bagi dirinya dan keirian orang lain. Kesuksesan yang hakiki ialah bila kita telah mampu menghasilkan orang-orang sukses dari ketulusan ikhtiar kita. Jika kita telah membuka kesempatan sukses orang lain, maka di situlah investasi kesuksesan kita di masa mendatang.

Adang Wijaya CEO Green Nitrogen

Kantor Pusat

PT Global Insight Utama

Mutiara Bekasi Center blok C-17
Jl Ahmad Yani
Bekasi

Hotline:
0855-1801-777 (TELP/SMS)
0851-0079-2450 (WA ONLY)

cs@green-nitrogen.com

Pegunjung

Penunjung Hari Ini : 90
Pengunjung Hari Kemarin : 95
Total Pengunjung Website : 70804