Tips Sederhana Merawat Ban Kendaraan Anda


Tips Sederhana Merawat Ban Kendaraan Anda

Sebagaimana menjadi salah satu komponen kendaraan yang sangat penting, ban sangat butuh perhatian dan perawatan lebih. Ban menjadi bagian terpenting kendaraan sebab selain merupakan komponen penunjang apakah sebuah kendaraan dapat digunakan atau tidak, kondisi ban sangat memengaruhi keselamatan pengendara. Apalagi, kondisi jalanan yang berbeda-beda bagaimanapun menuntut performa ban selalu dalam kondisi prima.

Perawatan yang diperlukan oleh ban sendiri tidaklah terlalu sulit dan masih dapat dilakukan secara mandiri oleh pemilik kendaraan. Seperti dikuti dari Bisnis.com, salah satu produsen ban dalam negeri, PT Gajah Tunggal Tbk, membagi beberapa tips ringan dalam memilih dan merawat ban kendaraan.

Apa saja itu?

1. Pilihlah ban yang sesuai

Perawatan dimulai sejak memilih ban kendaraan. Karena itu Anda harus memerhatikan jenis dan ukuran ban yang cocok untuk kendaraan Anda. Jika tidak terlalu mengerti, maka jangan malu untuk bertanya dan meminta rekomendasi jenis-jenis ban yang sesuai dengan kendaraan dan gaya mengemudi Anda.

2. Perhatikan tekanan angin pada ban

Selalu perhatikan tekanan angin pada ban. Minimal satu bulan sekali. Tekanan angin yang kurang akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kerusakan fatal pada ban. Namun tekanan angin yang berlebih pun akan menyebabkan keausan yang tak merata.

Untuk itu, pada tips kedua ini sangat direkomendasikan agar Anda selalu mengisi ban Anda dengan angin nitrogen di outlet Green Nitrogen. Dan Anda pun bisa menggunakan layanan pengecekan tekanan ban gratis di setiap outlet Green Nitrogen.

3. Lakukan rotasi ban

Jangan pernah lupa untuk merotasi ban. Perotasian ban diperlukan untuk mencegah keausan yang tidak merata, sekaligus untuk memperpanjang usia ban. Sebaiknya lakukan rotasi setiap 7.500 - 10.000 Km.

4. Perhatikan keseimbangan ban

Hal ini penting untuk mencegah guncangan dan getaran pada saat mengemudi, serta keausan yang tidak merata. Keseimbangan atau balancing ini perlu dilakukan setiap pergantian ban baru, rotasi ban atau jika ban bergetar pada saat mencapai kecepatan tertentu.

5. Lakukan spooring berkala

Kendaraan perlu di-spooring secara berkala demi memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Spooring dilakukan setiap melakukan rotasi ban atau terjadi gejala seperti kemudi mobil menarik ke arah kanan atau kiri pada saat berkendara.

6. Gantilah ban baru bila sudah saatnya.

Waktu penggantian ban bisa dilihat melalui tread wear indicator (TWI) yang terdapat pada telapak ban. Jika telapak ban sudah menyentuh bagian TWI, artinya ban sudah saatnya harus diganti. Letak TWI pada ban ditunjukan dengan tanda segitiga pada dinding samping ban.


Itulah beberapa tips yang bisa Shabat Nitrogen lakukan untuk perawatan ban. Jangan ditunda-tunda, segera lakukan perawatan ban karena ban merupakan salah satu komponen terpenting bagi kendaraan Anda.

Mutiara Bisnis

Belumlah dikatakan sukses, bila kesuksesan itu hanya untuk dirinya sendiri, karena kesuksesan itu akan menimbulkan kesombongan bagi dirinya dan keirian orang lain. Kesuksesan yang hakiki ialah bila kita telah mampu menghasilkan orang-orang sukses dari ketulusan ikhtiar kita. Jika kita telah membuka kesempatan sukses orang lain, maka di situlah investasi kesuksesan kita di masa mendatang.

Adang Wijaya CEO Green Nitrogen

Kantor Pusat

PT Global Insight Utama

Mutiara Bekasi Center blok C-17
Jl Ahmad Yani
Bekasi

Hotline:
0855-1801-777 (TELP/SMS)
0851-0079-2450 (WA ONLY)

cs@green-nitrogen.com

Pegunjung

Penunjung Hari Ini : 2
Pengunjung Hari Kemarin : 77
Total Pengunjung Website : 24065